Kamis, 21 Oktober 2010

Anemon

berlanjut dari postingan saya kemarin mengenai laut, 1 lagi makhluk yang hanya tinggal di laut dan saya tertarik untuk membicarakannya..

ANEMON

pertama kali mendengar adanya hewan ini ketika saya melihat sebuah acara TV yang menayangkan kehidupan-kehidupan di laut, ketika itu, saya gak sempat melihat penjelasan mengenai hewan ini, saya hanya melihat akhir acaranya saja.. huhu

oke deh, sekarang mari kita cari tahu!!


Anemon laut adalah hewan dari kelas Anthozoa yang sekilas terlihat seperti tumbuhan, tapi jika diamati lebih jauh, anemon laut merupakan jenis hewan.



Bentuk tubuh anemon seperti bunga,sehingga juga disebut mawar laut. Lipatan yang bundar diantara badan dan keping mulut membagi binatang ini kedalam kapitulum di bagian atas dan scapus bagian bawah. Di antara lengkungan seperti leher (collar) dan dasar dari kapitulum terdapat "fossa". Keping mulut bentuknya datar, melingkar, kadang-kadang mengkerut, dan dilengkapi dengan tentakel kecuali pada jenis Limnactinia, keping mulut tidak dilengkapi dengan tentakel.Beberapa anemon laut dapat bergerak seperti siput, bergerak secara perlahan dengan cara menempel.Sebagian besar anemon laut memiliki sel penyengat yang berguna untuk melindungi dirinya dari predator.


Pada umumnya anemon banyak dijumpai pada daerah terumbu karang yang dangkal dan jarang dijumpai pada daerah terumbu karang yang persentase tutupan karang batunya tinggi.
 (wikipedia)







hmm.. kalian lihat gambar ini??


katanya anemon punya sel penyengat..

ikannya gak takut disengat??

ternyata, ikan badut ini kuat terhadap racun anemon..

kok bisa??

Tentakel anemon dilapisi oleh lendir yang memiliki kandungan tertentu untuk melindunginya dari sengatan tentakel yang lain, atau tersengat oleh tentakel sendiri. lendir inilah yang dimanfaatkan oleh ikan badut. Dia dapat bertahan beberapa saat terhadap sengatan tentakel sebelum lumpuh.


Caranya, dengan menggosok-gosokkan badannya secara cepat pada tentakel, supaya dia terlumuri dengan lendir antisengat itu. Dalam waktu satu jam, dia bisa menyelimuti seluruh tubuhnya dengan lendir antisengat.
jadi, mereka akan kebal dengan sengatan...dan melindungi dirinya dari serangan lain juga..


sumber: http://iwakurip.blogspot.com/

2 komentar:

Anonim mengatakan...

mengelikan pong

Aay mengatakan...

Anonim berkata...

mengelikan pong

22 Oktober 2010 19.34

ans: mengelikan? mengerikan??hho..sp y?kok pke anonim si?

Main handphone, dapat uang!! Ini aplikasi penghasil uang legit!

 Halo semua, kembali lagi dengan saya yang masih setia stay at home selama pandemi, kecuali ke rumah mama atau sekedar belanja kebutuhan pok...