Minggu, 17 Oktober 2010

pelangi mengelilingi matahari

hah? ada pelangi mengelilingi matahari?

kalian tau tentang ini? saya baru tau waktu teman cece ku datang n bilang tentang hal ini..
hmm... pelangi ..
kejadiannya tanggal 12 Oktober 2012 siang.
ini dinamai dengan halo matahari.
Istilah efek halo merujuk pada potensi ketidaktepatan dalam pengamatan akibat terlalu menggeneralisasi sesuatu atau seseorang dari bukti dalam jumlah terbatas atau pengaruh dari keyakinan yang sudah dimiliki atau hipotesis yang bersifat a priori. Nama "halo" dalam efek ini, berasal dari fenomena optik berupa berupa lingkaran cahaya di sekitar Matahari, Bulan, atau kadang-kadang pada sumber cahaya lain seperti lampu, yang menunjukkan kemiripan dengan generalisasi berlebihan ini.
Edward L. Thorndike adalah yang pertama yang mendukung efek halo dengan penelitian empiris. Dalam penelitian psikologi yang dipublikasikan tahun 1920, Thorndike meminta komandan untuk menilai para prajuritnya; Thorndike menemukan hubungan yang tinggi antar semua sifat positif dan semua sifat negatif. Seseorang biasanya tidak menilai orang lain dengan penilaian yang bercampur aduk; melainkan kita akan menganggap setiap orang sebagai baik atau buruk dalam berbagai kategori pengukuran.
Penelitian oleh Solomon Asch menunjukkan bahwa ketertarikan adalah sifat utama, sehingga kita akan menganggap bahwa semua sifat lain dari seseorang yang menarik akan sama menariknya.

sumber : klik di sini

berita dari kompas

dikatakan banyak orang menyempatkan diri mendongakkan kepala ke langit untuk melihatnya. Bahkan, sebagian warga tampak berkerumun untuk menonton bersama di sejumlah sudut Kota Bogor, seperti di depan ruko-ruko, di terminal, dan di pinggir jalan.

Seperti dilaporkan wartawan Kompas, Ratih P Sudarsono, halo matahari telah tampak di langit Kota Bogor sejak sekitar pukul 09.00. Hingga pukul 12.30 saat berita ini ditulis, peristiwa langka tersebut masih bisa dinikmati. Lingkaran pelangi tampak sangat lebar mengelilingi Matahari.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, halo matahari adalah lingkaran pelangi yang mengelilingi Matahari. Halo juga bisa terjadi di sekitar Bulan pada malam hari. Fenomena halo ini disebabkan pembiasan cahaya Matahari oleh uap air di atmosfer sehingga terlihat seperti pelangi.

1 komentar:

Kim mengatakan...

I've seen this pic before~ I took mine too! ahaha

Main handphone, dapat uang!! Ini aplikasi penghasil uang legit!

 Halo semua, kembali lagi dengan saya yang masih setia stay at home selama pandemi, kecuali ke rumah mama atau sekedar belanja kebutuhan pok...